Selasa 05 Mar 2013 21:48 WIB

LIPIA dan Unibraw Masuk Final Lomba Debat IBF 2013

Rep: Riana Dwi Resky/ Red: Djibril Muhammad
 Pengunjung melihat-lihat buku disalah satu stand penerbit peserta Islamic Book Fair ke-12 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (1/3).  (Republika/Prayogi)
Pengunjung melihat-lihat buku disalah satu stand penerbit peserta Islamic Book Fair ke-12 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (1/3). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) dan Universitas Brawijaya berhasil lolos ke final lomba debat antarkampus di Islamic Book Fair (IBF) 2013. 

LIPIA berhasil menggeser Universitas Gadjah Mada (UGM) di sesi pertama dengan perolehan skor 800-788. Sedangkan Unibraw mengalahkan Universitas Indonesia (UI) dengan skor tipis 778-768.

Tim juri yang diwakili Erlina sebelumnya mengatakan kriteria penilaian lomba debat, termasuk ketepatan waktu, interupsi, penggunaan microphone, dan pengambilan kesimpulan. "Itu semua kriteria-kriteria penilaian," ujarnya, Selasa (5/3).

Sedangkan juri lain, Fahmi mengatakan, peserta perlu membatasi atau memberi defenisi topik yang telah diberikan sebelum mendebatnya lebih lanjut.

Tim LIPIA, yang diwakili Isnan Ansori mengatakan, tidak menyiapkan strategi apa-apa untuk menang. Ia dan kawan-kawannya biasanya hanya menerapkan sistem kebut semalam (SKS). "Soalnya juri akan memberitahukan tema debat saat malamnya," ujarnya pada Republika, Selasa (5/3).

Sedangkan tim Unibraw yang diwakili Riko, merasa tidak khawatir atas hasilnya nanti.  "Kita nothing to lose saja," ujarnya.

Rencananya, pada Rabu (6/3) besok lomba final debat antarkampus akan digelar di Panggung Utama IBF 2013, Istora Senayan pukul 10.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement