Selasa 05 Mar 2013 08:00 WIB

Animo Warga Sukabumi Jadi TKI Tinggi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: A.Syalaby Ichsan
Para TKI yang bekerja di Malaysia (ilustrasi).
Foto: Antara/Mika Muhammad
Para TKI yang bekerja di Malaysia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pada awal 2013, animo warga Kabupaten Sukabumi untuk menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) cukup tinggi.

Banyaknya warga yang berangkat menjadi TKI ke luar negeri sejak dua bulan terakhir menunjukkan hal tersebut. Data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, jumlah TKI yang diberangkatkan pada Januari dan Februari lalu mencapai sebanyak 911 orang.

Rinciannya, pada Januari tercatat seanyak 452 orang dan Februari sebanyak 459 orang. "Para TKI rata-rata diberangkatkan ke negara timur tengah dan negara Asia,’’ ujar Kepala Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Aam Amar Halim, kepada wartawan.

Negera tujuan TKI antara lain Qatar, Singapura, Oman, Bahrain, Taiwan, dan Hongkong. Jumlah TKI paling banyak diberangkatkan ke Qatar sebanyak 100 orang dan Oman sebanyak 53 orang.

Sedangkan yang paling sedikit yakni Hongkong sebanyak dua orang dan Singapura sebanyak 13 orang. Para TKI itu kebanyakan bekerja sebagai pekerja nonformal dan hanya sedikit yang bergerak di bidang formal.

Informasi yang diperoleh, setiap tahunnya warga Sukabumi yang menjadi TKI memang cukup banyak. Pada 2012, jumlah TKI yang diberangkatkan mencapai sebanyak 4.806 orang. Jumlah ini meningkat bila dibandingkan 2011 yang hanya mencapai sebanyak 4.785 orang TKI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement