Sabtu 02 Mar 2013 08:50 WIB

Mahasiswa STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Ikuti Pelatihan di Taiwan

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Fernan Rahadi
STIKES 'Aisyah Yogyakarta
Foto: stikes-aisyiyah-jogja.ac.id
STIKES 'Aisyah Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 14 mahasiswa keperawatan dan kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan 'Aisyiyah (STIKES) Yogyakarta mengikuti Training di Taiwan International Healthcare Training Center (TIHTC), Taipei Hospital Departement Of Health Taiwan, ROC.

Mereka dijadwalkan mengikuti pelatihan selama sebulan untuk term I (1-30 Maret). dan selanjutnya term II (1-30 April) dan  term III (1-30 Mei).

Ketua STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta Warsiti mengatakan  pelatihan ini merupakan salah satu realisasi kerjasama antara STIKES 'Aisyiyah Yogyakarta dan Taiwan International Healthcare Training Center (TIHTC) yang telah disepakati tahun 2011 lalu.

Tujuannya, kata dia, adalah untuk memperluas wawasan terkait perawatan di negara maju. Beberapa kegiatan yang diikuti antara lain mengikuti perkuliahan/kelas tentang keperawatan, kunjungan ke beberapa sektor kesehatan di Taiwan, culture tour dan final presentation.

 

Materi Pelatihan untuk keperawatan difokuskan pada materi Surgical Nursing, Nursing Emergency Management (NEMS), General Ward.  Sedangkan Kebidanan memfokuskan pada Perinatal Care dan diberi kesempatan untuk praktik di Rumah Sakit atau klinik kebidanan selama satu pekan.

Warsiti berharap mahasiswa yang menjadi delegasi ke Taiwan ini mampu membawa nama baik kampus dan menjalin jaringan dengan mahasiswa dari negara lain sehingga dapat bertukar mengenai gambaran, pengalaman dari negara lain, baik di bidang budaya maupun bidang kesehatan.

Selain itu, kata dia, ketika kembali ke STIKES' Aisyiyah, mereka mampu memberikan warna positif bagi teman-teman lainnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement