Rabu 27 Feb 2013 15:23 WIB

Saat Harimau Kebun Binatang Harus Berpuasa

Rep: Eko Widyanto/ Red: A.Syalaby Ichsan
Harimau Sumatera
Harimau Sumatera

REPUBLIKA.CO.ID,BANJARNEGARA -- Hewan buas penghuni kebun binatang Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) Kabupaten Banjarnegara, harus ikut merasakan dampak kenaikan harga daging yang terjadi belakangan ini. 

Selain harus berhemat makan berganti-ganti menu daging, hewan-hewan buas tersebut juga harus berpuasa sehari dalam sepekan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Aziz Ahmad menyatakan, pengelola kebun binatang terpaksa melakukannya. Anggaran dari APBD 2013 yang disediakan untuk kebutuhan pakan hewan-hewan buas tersebut tidak mencukupi.

"Untuk 11 harimau penghuni TRMS, terpaksa tidak selalu diberi makan daging sapi,"ujarnya. Aziz pun terpaksa harus menghemat dangan memberi makan berupa daging ayam pedaging dan ikan air tawar. Bahkan dalam sepekan, terpaksa mereka harus berpuasa 1 hari.

Demikian juga dengan koleksi berupa hewan buaya. Karena harga daging sapi mahal, maka menu makan hanya diberi daging ayam pedaging dan ikan air tawar. 

Kepala UPT TRMS Banjarnegara Yunus Rosyadi, menyatakan bahwa kenaikan harga daging sapi cukup memberatkan pengelola kebun binatang untuk memberi pakan hewan buas. Sementara anggaran dalam APBD 2013, hanya mengalokasikan anggaran Rp 355 juta untuk kebutuhan pakan hewan buas.

''Anggaran untuk kebutuhan makan seluruh satwa di TRMS ini, pada tahun ini hanya dialokasikan Rp 355 juta per tahun. Ini jelas tidak cukup, bila dibandingkan dengan kenaikan harga daging yang terjadi saat ini,'' katanya.

Dalam perhitungan yang dilakukan pihaknya, anggaran sebesar itu hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan makan seluruh hewan buas penghuni TRMS selama 10 bulan.

''Jadi kalau kita tetap memberi makan hewan buas itu seperti biasa, maka yang dua bulan sisanya, bisa-bisa hewan-hewan buas itu tidak akan mendapat makan,'' jelasnya.

Dia menjelaskan, khusus untuk koleksi satwa harimau, kebun binatang TRMS saat ini memiliki koleksi berupa delapan ekor singa dan empat ekor macan. Sementara kebutuhan makan singa dan macan itu, mencapai 6 kg daging segar per ekor per hari.

Kalau harga daging sapi mencapai Rp 100.000 per ekor, maka setiap ekor macan atau singa membutuhkan biaya makan sebesar Rp 600.000. Padahal, ada 11 ekor macan dan singa disana. Sehingga, hewan buas itu membutuhan biaya Rp 6.600.000 untuk makan setiap  hari.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement