Senin 25 Feb 2013 07:20 WIB

Survei: Aher-Deddy Unggul di Media Sosial

Pasangan calon gubernur Jabar no urut 4 Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar
Foto: Republika/Prayogi
Pasangan calon gubernur Jabar no urut 4 Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar unggul dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2013 berdasarkan survei percakapan di media sosial yang dilakukan PoliticaWave.com.

Direktur PoliticaWave, Yose Rizal, menyebutkan umumnya pasangan kandidat yang memenangkan pilkada adalah mereka yang memimpin semua 'chart' (diagram). Itu berdasarkan pengamatan PoliticaWave pada pilkada yang lain.

"Mengacu dari analisa tersebut, maka PoliticaWave menyimpulkan bahwa pasangan Aher-Deddy memenangkan pertarungan Pilkada Jawa Barat ini," katanya.

Hasil survei menyebutkan pasangan Aher-Deddy unggul pada dua dari tiga diagram, yaitu share of awareness (kesadaran pemilih), share of citizen (kesadaran kedaerahan), dan candidate electability (elektabilitas kandidat).

Dalam diagram share of awareness, Aher-Deddy unggul 35,9. Begitu pula diagram elektabilitas kandidat yang memimpin dengan angka 8,08.

"Aher-Deddy dan Dede-Lex masuk dalam kategori positif, sementara Rieke-Teten tergolong negatif," katanya.

Dalam diagram share of citizen, pasangan Dede Yusuf-Lex Laksamana memimpin sebesar 31,9 persen.

"Meskipun hanya unggul pada diagram share of awareness dan candidate electability, namun Ahmad Heryawan-Dedy Mizwar juga terhitung memimpin pada diagram share of citizen,'' katanya. ''Itu karena mereka berada di posisi kedua dan hanya selisih tipis dengan Dede-Lex.''

Hasil survei tersebut merupakan pantauan dari berbagai kanal media sosial, termasuk Twitter, Facebook, Forum, Blog, Youtube dan situs-situs berita nasional dan lokal.

Yose mengatakan ada jutaan percakapan yang masuk dan dianalisis oleh PoliticaWave setiap hari. Data tersebut diolah untuk dijadikan informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga melakukan analisis terhadap beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah-daerah yang sedang melangsungkan Pilkada.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement