Jumat 22 Feb 2013 11:43 WIB

30 Perwira Polisi Jalani Tes Narkoba

Tes narkoba
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Tes narkoba

REPUBLIKA.CO.ID,  TRENGGALEK -- Sedikitnya 30 perwira dan tujuh bintara Polres Trenggalek, Jawa Timur, Jumat, menjalani tes urine serentak untuk mengetahui kandungan narkoba dalam tubuh mereka.

"Tes urine ini kami lakukan serentak bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN)," terang Kapolres Trenggalek AKBP Totok Suhariyanto.

Dia memastikan seluruh perwira di jajarannya menjalani pemeriksaan urine, termasuk 14 kapolsek dan Wakapolres Trenggalek Kompol Ahmad Taufiqurahman.

Sementara tujuh bintara yang diwajibkan menyerahkan sampel tes urine adalah anggota operasi internal (opsnal), khususnya dari jajaran satuan narkoba.

Namun, hasil uji atau tes urine belum dipublikasikan ke publik/media, dengan alasan pemeriksaan laboratorium membutuhkan waktu sekitar 12 jam.

"Insya Allah besok hasilnya baru diketahui," kata Kepala Pelaksana Harian (Kalahar) BNN Trenggalek, AKBP Abdul Syukur.

Ia menjelaskan, tes urine sengaja dilakukan secara mendadak tanpa pemberitahuan, agar hasil pemeriksaan bisa maksimal tanpa ada rekayasa.

"Kami ingin melihat dan memastikan perwira maupun anggota bersih dari narkoba," jelasnya.

Selain itu masih menurut Kapolres, giat tes urine kali ini sebagai salah satu cara memberikan pendidikan kepada masyararakat tentang narkoba. Sebelumnya, tes urine juga digelar di jajaran Polres Ponorogo, Senin (18/2).

Pengambilan sampel urine itu sempat membuat sejumlah perwira kaget karena kegiatan pemeriksaan dilakukan di tengah acara rapat analisa dan evaluasi (Anev) keamanan daerah, dan mendapat pengawalan ketat dari sejumlah polisi provost.

Polda Jatim sudah canangkan zero narkoba. Ini merupakan salah satu bentuk implementasi dalam mewujudkan semangat tersebut dengan sasaran para perwira kepolisian.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement