Rabu 20 Feb 2013 18:35 WIB

Golput Terancam Tinggi, Rieke Tetap Yakin Menang

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Cagub Jabar Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki
Foto: Antara/Agus Bebeng
Cagub Jabar Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Calon gubernur Jawa Barat, Rieke Diah Pitaloka mengaku tidak khawatir dengan potensi tingginya angka golongan putih pada Pemilukada Jawa Barat 2013.

Rieke justru yakin bisa meraih kemenangan dalam Pemilukada yang digelar pada 24 Februari 2013 mendatang.

"Golput disebabkan adanya kesadaran politik karena mereka merasa tidak ada calon, tentunya saya tidak bisa memaksakannya. Saya juga tak khawatir untuk hal itu," tutur Rieke usai menghadiri acara pentas Musyawarah Budaya di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Selasa (19/2) malam.

Sikap Rieke ini disampaikan menyusul adanya hasil survei yang dilakukan Pusat Kajian dan Kepakaran Statistika Jurusan Statistika Universitas Padjadjaran. Hasil survei itu memprediksi jumlah warga yang golput pada Pemilukada Jabar 2013 bisa mencapai 10,4 juta orang atau sekitar 32,23 persen.

Rieke menegaskan sikap golput merupakan pilihan setiap pemilih. Namun yang ia cemaskan justru kalau tingginya angka golput ini lebih disebabkan karena faktor teknis dalam pendataan daftar pemilih tetap (DPT).

"Menurut saya, yang harusnya diwaspadai itu adalah persoalan teknis yang bisa membuat seseorang bisa menjadi golput. Kalau ini penyebabnya, tentunya kami khawatir," ujar calon yang diusung dari PDI Perjuangan ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement