Ahad 17 Feb 2013 06:27 WIB

YLKI: Banyak Jamu Kuat Mengandung Kimia Berbahaya

Bahan Baku Jamu
Foto: ANTARA
Bahan Baku Jamu

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Utara mengingatkan kepada masyarakat untuk ekstra hati-hati mengonsumsi jamu obat kuat yang dijual di pasaran. Karena, jamu kuat tersebut banyak mengandung bahan kimiawi yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

''Jangan asal sembarangan membeli jamu kuat, bisa menimbulkan efek samping seperti penyakit jantung, gagal ginjal, keropos tulang dan penyakit lainnya," kata Ketua YLKI Sumatera Utara (Sumut), Abubakar Siddik, seperti dikutip Antara.

Sebelum membeli jamu tersebut, menurut dia, alangkah baiknya diteliti lebih dahulu mengenai registrasi barangnya, masa berlaku produknya dan pembuatan obat itu.

"Hal ini dilakukan adalah untuk kepentingan dan keselamatan konsumen sehingga nantinya tidak menimbulkan efek negatif bagi yang mengonsumsinya," kata Abubakar.

Sebab, sedikit saja masyarakat salah menggunakan obat kuat berupa jamu-jamuan dari bahan-bahan rempah itu dapat membuat fatal bagi kesehatan masyarakat. Lebih baik, para konsumen yang tidak mengetahui kegunaan jamu kuat itu menanyakannya pada orang yang faham seluk-beluk kesehatan.

"Jadi, jangan karena hanya tertarik dan ingin meminum jamu kuat untuk kesehatan bagi tubuh, namun ternyata justru menimbulkan masalah bagi diri kita. Kelalaian yang fatal seperti ini harus dapat dihindari," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement