Sabtu 16 Feb 2013 08:38 WIB

Karena Terabaikan, Penyakit Lama Bisa Muncul Lagi

Virus Polio (ilustrasi)
Foto: natural.tv
Virus Polio (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Praktisi kesehatan dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dr Irma Suswati, mengingatkan bahwa penyakit lama, seperti cacar yang sudah punah pada 1980 ternyata masih berpotensi muncul kembali.

"Negara kita beberapa tahun lalu dinyatakan bebas dari berbagai penyakit lama, khususnya polio, cacar, dan lepra. Namun, saat ini berpotensi muncul kembali karena virus maupun bakteri penyakit tersebut selama ini terabaikan," katanya di Malang, Sabtu (16/2).

Menurut Dekan FK UMM itu, saat ini dunia kesehatan harus mulai melakukan antisipasi kembali terhadap kemunculan penyakit-penyakit lama yang selama ini dianggap sudah bebas dari virus, bakteri maupun toksin penyakit tersebut.

Ia mencontohkan setahun lalu Indonesia sudah berada di peringkat ke-4, bahkan ke-5 dunia untuk penyakit TB paru, namun saat ini sudah naik lagi peringkatnya menjadi peringkat tiga besar dunia dengan jumlah penderita baru sekitar 500 ribu jiwa.

Sebelumnya, Presiden Cyberjaya University College for Medical Science (CUCMS) Malaysia, Letjen Dato Seri Prof Dr Sulaiman Bin Abdullah, saat di UMM mengatakan, penyakit lama yang muncul lagi akan lebih cepat lagi penularannya. "Karena, kita sudah tidak memiliki sistem imun yang bagus lagi dan sudah tidak pernah dilakukan imunisasi untuk menjaga kekebalan tubuh dari penyakit tersebut," jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, baik para ahli penyakit ini di Indonesia maupun Malaysia harus melakukan penelitian kembali lebih intensif sebagai tindakan preventif merebaknya penyakit lama tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement