Rabu 13 Feb 2013 17:35 WIB

Aher: Cegah Banjir, Jabar Harus Perbanyak Danau

Calon Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher)
Foto: Republika/Sigit Arifin
Calon Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Sejumlah daerah di sekitar Provinsi Jawa Barat perlu dibangun danau kecil atau situ, untuk mencegah banjir.

"Sejumlah daerah di Jawa Barat masuk kategori rawan bencana banjir. Jadi untuk antisipasinya, perlu dibangun situ atau danau kecil, serta perlu juga pengerukan-pengerukan sungai yang ada di Jawa Barat," kata calon Gubernur Jabar petahana atau incumbent, Ahmad Heryawan di Karawang, Rabu (13/2).

Dikatakan Heryawan, keberadaan situ atau danau kecil tersebut bermanfaat dan bisa meminimalisir bencana banjir, maka perlu dilakukan kajian.

Karenanya, perlu koordinasi intensif kepada Balai Besar Wilayah Sungai terkait dengan pembangunan situ atau danau kecil tersebut. Menurut politikus PKS itu, banjir yang melanda sejumlah daerah di Jabar seperti di Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Subang, Kabupaten Bogor, dan lain-lain, umumnya akibat meluapnya sungai-sungai.

 

Kondisi itu terjadi akibat kondisi beberapa sungai di Jawa Barat mengalami kerusakan. Sehingga sungai tidak mampu menampung debit air saat curah hujan tinggi.

Pengerukan-pengerukan sungai merupakan bagian dari penanganan antisipasi banjir jangka pendek. Sedangkan jangka panjangnya, perlu dilakukan perbaikan daerah aliran sungai dari hulu ke hilir.

Termasuk di antaranya perbaikan lingkungan dan pembangunan situ atau danau kecil di wilayah Jawa Barat dinilai sebagai bagian dari upaya jangka panjang dalam upaya antisipasi banjir.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement