Ahad 10 Feb 2013 15:18 WIB

Raskin Telat Akibat Tunggu Arahan Menkokesra

Rep: Ita Nina Winarsih / Red: A.Syalaby Ichsan
Pekerja mengangkut beras miskin (raskin) untuk didistribusikan ke warga (ilustrasi).
Foto: Antara/Aco Ahmad
Pekerja mengangkut beras miskin (raskin) untuk didistribusikan ke warga (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Warga di beberapa desa di Purwakarta mengeluh beras miskin sudah tidak datang hampir tiga bulan.

Keluhan ini disanggah oleh pemerintah setempat. Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Purwakarta Taufik Rahman membantah bila raskin yang belum terdistribusikan itu  tiga bulan. Melainkan hanya dua bulan, yakni Januari dan Februari.

Menurutnya, kalaupun, Desember ada yang tidak kebagian raskin, berarti masih ada tunggakan ke Bulog. "Kalau terlambat dua bulan ini, memang benar," ujarnya.

Keterlambatan distribusi raskin disebabkan pemerintah harus menunggu pedoman dari Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dan tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan (TNPPK).

Rencananya, pekan ini akan ada sosialisasi ke para kades dan camat terkait dengan aturan raskin baru. Bila sudah ada sosialisasi, baru raskin tersebut didistribusikan ke penerima manfaatnya. 

Adapun, penerima raskin untuk Purwakarta 2012, sebanyak 48.356 kepala keluarga. Masing-masing, mendapatkan alokasi 15 kilogram setiap bulannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement