Kamis 07 Feb 2013 21:09 WIB

Gantikan Anis, Ini Rencana Sohibul Iman

Mohamad Sohibul Iman (kiri)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Mohamad Sohibul Iman (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Wakil Ketua Fraksi DPR Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman dikabarkan akan menjadi Wakil Ketua DPR. Anggota Komisi VI DPR tersebut akan menggantikan Anis Matta yang menyatakan mundur setelah ditetapkan menjadi Presiden PKS.

"Senin (11/2) baru akan dibuatkan surat oleh fraksi ke Sekretariat DPR," katanya melalui pesan singkat kepada Republika, Kamis (7/2).

Menurutnya, penetapannya secara resmi sebagai Wakil Ketua DPR masih akan menunggu proses administrasi. Hanya saja ia mengaku tak tahu berapa lama proses administrasi tersebut. 

"Saya kurang tahu. Mungkin bisa dilihat catatan saat pergantian wakil ketua dari PAN," ujarnya.

Setelah resmi, tambah Sohibul, ada beberapa hal yang akan menjadi perhatiannya. Yang paling utama yaitu mengembalikan citra dan martabat DPR. Ini dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, kata dia, dengan menegakkan kode etik DPR secara lebih disiplin dan ketat. Kedua, meningkatkan produktifitas legislasi. Baik secara kuantitas atau kualitas.

Ketiga, meningkatkan aksesabilitas publik terhadap produk-produk DPR.

Sohibul akan menggantikan Anis di sisa waktu menjelang 2014. Meski pun begitu, ia tetap yakin akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. 

"Itu kita kejar sebisanya waktu yang tersedia. Walau mungkin tidak tercapai maksimal tapi tidak apa-apa. Tetap harus ada perbaikan, walau pun hanya sedikit."

"Mohon doa dan tadzkiroh-nya, agar amanah mengemban tugas ini," papar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement