Selasa 05 Feb 2013 15:27 WIB

Suswono Dipanggil Presiden SBY dan KPK, PKS tak Risau

Rep: Ira Sasmita/ Red: Djibril Muhammad
Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid
Foto: Republika/Yasin Habibi
Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan segala rangkaian proses hukum menyangkut kasus Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) akan mereka dukung penuh. Termasuk jika Menteri Pertanian, Suswono yang juga merupakan kader PKS harus diperiksa.

Ketua Fraksi PKS DPR Hidayat Nur Wahid mengatakan, Suswono siap jika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dan memeriksanya. Sebagai partai yang sejak berdiri menegaskan ingin membangun citra bersih dan bebas dari korupsi, PKS akan mendukung segala tindakan KPK. Asalkan KPK bekerja sesuai jalurnya dan bersikpa adil.

"Silakan KPK lakukan itu dengan cara yang seadil-adilnya. Keadilan itu rohnya hukum, kami hormati hak KPK," kata Hidayat di ruang Fraksi PKS DPR, Selasa (5/2).

Tidak hanya dipanggil KPK, PKS, lanjut Hidayat akan mendukung bila Suswono harus menjelaskan persoalan suap kuota daging sapi impor yang ditengarai melibatkan Kementerian Pertanian (Kementan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sebagai bawahan dan pembantu SBY, menurut Hidayat, adalah kewajiban bagi Suswono untuk melaporkan segala hal pada Kementerian yang dipimpinya. "Pak Suswono juga mengaku siap untuk menuntaskan itu, dan menjelaskan di depan Pak SBY," ungkap Hidayat.

Sebelumnya KPK menyatakan akan memanggil Suswono untuk kepentingan penyidikan kasus sangkaan suap pada mantan presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq. Sementara itu, Presiden SBY dari Jeddah mengatakan sekembalinya ke Indonesia, ia akan memanggil Suswono. Untuk memberikan keterangan secara lisan dan laporan tertulis mengenai persoalan impor daging sapi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement