Selasa 05 Feb 2013 11:05 WIB

Ahmad Fathanah Punya Banyak Relasi

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Fernan Rahadi
AF (Ahmad Fathanah) yang merupakan orang dekat dari Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, memasuki mobil tahanan usai diperiksa KPK, Jakarta, Kamis dini hari (31/1).
Foto: Antara
AF (Ahmad Fathanah) yang merupakan orang dekat dari Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, memasuki mobil tahanan usai diperiksa KPK, Jakarta, Kamis dini hari (31/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tersangka kasus dugaan suap sapi impor yang kini menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ahmad Fathanah (AF) punya banyak relasi.

Menurut Mappinawang, kakak angkatan AF sesama alumni Ikatan Masjid Mushalah Indonesia Muttahidah (IMMIM), usaha AF sendiri tidak terlalu jelas. Namun yang pasti, relasi AF banyak dan dia pintar memanfaatkan itu.

Mappinawang mengatakan, ada banyak bisnis yang digeluti AF. Salah satunya, bisnis perjalanan haji dan umrah yang pernah digelutinya bekerjasama dengan salah satu pengusaha travel haji yang cukup ternama di Sulawesi Selatan. Usaha bisnis catering orang tuanya pun, turut dikembangkannya.

Menurut mantan ketua KPUD Sulsel ini, AF yang dia kenal sebetulnya sosok yang bersahaja dan berjiwa sosial.  Selain jiwa kepemimpinan dimiliki AF, kata Mappinawang, bakat bisnisnya juga terlihat.

‘’Dia berusaha meniru jejak bapaknya. Menurut saya, dia yang  bisa menggantikan KH Fadeli Luran. Dia ini persis seperti bapaknya, dia mewarisi sifat-sifat bapaknya,’’ kata Mappinawang, Selasa (5/2).

Mappinawang mengaku cukup kaget saat berita penangkapan AF tersiar. Menurutnya, AF yang dia kenal selama ini, adalah sosok yang baik. Gaya bicara, kepemimpinan, cara dia menasehati orang, menurutnya sangat mirip dengan ayahnya, KH Fadeli Luran, pendiri pesantren modern IMMIM, Sulsel.

‘’Saya tidak tahu kenapa dia tiba-tiba tidak fokus,’’ ujarnya.

Saat menjadi santri di IMMIM, sebagai kakak senior, Mappinawang mengaku cukup sering ke rumah AF dan juga cukup dekat dengan KH Fadeli Luran. Karena itu, saat melihat AF, dia bisa membandingkan sifat-sifat keduanya.

Mappinawang adalah alumni IMMIM angkatan 1982. Sementara AF adalah alumni IMMIM angkatan 1984. AF pun pernah menjadi Ketua Ikatan Alumni Pesantren IMMIM (IAPIM) periode 1990-an. Menurutnya, selama memimpin IAPIM, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sebetulnya program rutin dan dikembangkan.

‘’Kegiatan di IAPIM itu kan menghimpun anak-anak pesantren yang tamat, memberikan pengkaderan kepada adik-adik alumni, bagaimana menjadi mahasiswa, serta melakukan pertemuan silaturahmi dengan sesama alumni,’’ ujar mantan ketua LBH Makassar ini.

Sementara itu, menurut seorang sumber yang juga cukup mengenal AF, putra ke delapan dari sepuluh  bersaudara ini, memang memiliki satu kelemahan. ‘’Dia 'mati kiri' untuk urusan perempuan, orangnya gampang tergoda,’’ kata sumber tersebut.

Saat petugas KPK menggeledah apartemen AF di Margonda Residence kamar 605, seorang petugas KPK mengungkapkan, jika AF memiliki lima istri dan 11 orang anak. Salah seorang istrinya yang berada di apartemen tersebut sedang hamil sekitar delapan bulan. Informasi yang dihimpun Republika, salah satu istri AF saat ini berdomisili di Makassar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement