Selasa 29 Jan 2013 15:50 WIB

PT KAI Daop VI Promo Paket 4 In 1

Rep: Yulianingsih/ Red: Dewi Mardiani
 Rangkaian kereta api (KA) kelas ekonomi jurusan Bandung-Yogyakarta melintas di Jalan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (16/8).  (Adhi Wicaksono)
Rangkaian kereta api (KA) kelas ekonomi jurusan Bandung-Yogyakarta melintas di Jalan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (16/8). (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional VI Yogyakarta mengenalkan paket promo 4 in 1. Promo ini mulai berlaku sejak 1 Februari hingga 31 Maret 2013.

"Jadi promo ini adalah untuk pembelian empat karcis KA Komersil akan kita kenakan potongan 25 persen, atau beli empat karcis gratis satu sesuai tarif yang berlaku saat karcis dibeli," terang Staf Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta, Kuswardoyo, Selasa

(29/1).

Paket promo ini, kata dia, dapat diperoleh untuk pembelian tiket melalui call center 121 dan di loket stasiun terdekat. Melalui promo ini pembeli 4 tiket itu hanya memerlukan satu kode booking saja. Namun untuk pembatalannya harus untuk ke empat nama pada satu kode booking tiket itu sendiri.

KA Komersil yang melayani paket promo ini antara lain, KA Argo Lawu, Dwipangga, Taksaka, Lodaya, Sancaka, Senja Utama Solo, Fajar Utama Yohyakarta, Senja Utama Yogyakarta, Gadjahwong, Bogowonto, dan Malioboro Ekspres. "Setiap pembelian promo ini maksimal satu orang hanya untuk dua paket atau delapan karcis saja," terangnya.

Paket promo ini menurutnya juga tidak bisa disalahgunakan oleh calo. Pasalnya, setiap tiket tetap tercetak satu nama penumpang yang akan berangkat sesuai KTP. Sedangkan satu nama hanya untuk bookingnya saja. Sehingga setiap karcis namanya tetap berbeda-beda.

Promo 4 in 1 ini menurut Kuswardoyo, hanay diberlakukan pada saat low season saja. Pasalnya pada saat peak season permintaan tiket KA meningkat tajam. "Kalau pada padat terutama Sabtu Minggu dan hari libur, promo ini tidak berlaku karena kita sudah kewalahan melayani konsumen reguler sedangkan sarananya terbatas," tegasnya.

Diakuinya tingkat okupansi KA Komersil Daop VI saat low season mencapai 50-60 persen. Sedangkan daya tampung setiap KA Komersil mencapai 300 hingga 350 tempat duduk. Jika setiap KA mengakut 7 gerbong maka dengan pembatasan maksimal dua paket/gerbong akan ada 14 paket atau 56 tempat duduk yang disediakan melalui promo ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement