Ahad 27 Jan 2013 06:39 WIB

Depok akan Bangun Waduk Baru di Cimanggis

Rep: Dessy Saputri/ Red: M Irwan Ariefyanto
Waduk, ilustrasi
Waduk, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,DEPOK -- Untuk menanggulangi banjir yang terjadi di Depok dan Jakarta, Pemerintah Kota Depok akan membuat waduk baru. Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kota Depok, Muhammad Munir.

Menurutnya, Pemerintah Kota Depok akan menyiapkan lahan untuk membangun waduk di Cimanggis, Depok dengan kucuran dana dari Kementerian Pekerjaan Umum. Sementara itu, Pemerintah Kota Depok hanya menyiapkan lahannya saja.  "Terkait pembuatan waduk di Cimanggis dan Ciawi dibiayai oleh APBN. Kita belum melakukan survei. Baru rencana," katanya kepada ROL, Ahad (27/1). Untuk pembangunan lahan tersebut, perlu dilakukan pembebasan lahan yang juga akan didanai oleh APBN.

Namun, ia mengaku tidak tahu berapa luas waduk yang akan dibangun tersebut karena masih dalam perencanaan. "Tidak tahu berapa hektarenya, kita hanya ketempatan lahan. Belum ada konfirmasi, baru perencanaan. Rapat juga belum. Mungkin dengan Wali Kota sudah, antara pusat dan daerah sudah komunikasi, kalau dengan gubernur belum," katanya.

Munir menambahkan, waduk tersebut dibangun untuk menahan air sehingga tidak langsung menuju Jakarta. Ia mengatakan kemungkinan waduk tersebut akan dibangun di daerah sekitar Kali Baru, Cimanggis, Depok.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement