Jumat 25 Jan 2013 10:19 WIB

Akhirnya, Surya Paloh Jadi Ketua Umum Nasdem

Rep: Ira Sasmita/ Red: A.Syalaby Ichsan
Surya Paloh
Foto: Antara
Surya Paloh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Nasional Demokrat akan menggelar kongres nasional hari ini, Jumat (25/1) di Jakarta Convention Centre.

Salah satu agenda kongres adalah pengukuhan Surya Paloh menjadi Ketua Umum Partai Nasdem. "Ya, fokus utama adalah rotasi kepengurusan dan pengukuhan Pak Surya Paloh sebagai ketum," kata Patrice Rio Capella, Ketua Umum Partai Nasdem, melalui pesan singkat kepada Republika.

Pengukuhan Surya Paloh merupakan kesepakatan dari seluruh jajaran partai. Sebagai pendiri, saat ini Surya Paloh menjabat sebagai Ketua Majelis Nasional Partai Nasdem.

Sebelumnya, banyak pertentangan terkait mekanisme pengangkatan bos Media Grup ini menjadi ketua umum. Konflik mencapai klimaks saat Ketua Dewan Pakar Nasdem Hary Tanoe Soedibjo mengundurkan diri dari partai tersebut. Termasuk beberapa pengurus seperti Sekretaris Jendral Ahmad Rofiq dan Wakil Sekretaris Jendral Saiful Haq. 

Selain rotasi kepengurusan partai, kongres yang akan berlangsung hingga 27 Januari 2013 nanti juga akan membahas Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai.

Selain itu, partai bernomor urut satu itu juga akan membahas strategi pemenangan pemilu 2014. Kongres juga diharapkan bisa meningkatkan konsolidasi dan kesolidan seluruh kader partai. Sekitar 200 orang pimpinan DPD, dan DPW partai dipastikan Rio akan menghadiri rapat pleno kongres tersebut.  

Beberapa wajah baru juga akan meramaikan kongres, seperti Enggartiasto Lukita, OC Kaligis, dan beberapa aktifis '98. Mereka baru saja mendeklarasikan diri bergabung dengan Nasdem kemarin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement