Kamis 24 Jan 2013 22:15 WIB

Aher Janji Bagikan Ribuan Traktor

Rep: Lilis Handayani / Red: M Irwan Ariefyanto
CETAK LAHAN SAWAH. Seorang pekerja membajak lahan sawah dengan traktor
Foto: Antara
CETAK LAHAN SAWAH. Seorang pekerja membajak lahan sawah dengan traktor

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Kelengkapan sarana dan prasarana pertanian, termasuk traktor, sangat penting untuk menunjang pelaksaan musim tanam. Karenanya, Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan (Aher) berjanji akan membagikan ribuan unit traktor kepada gabungan kelompok tani (gapoktan) sepanjang 2013.

Aher menyebutkan, sepanjang tahun 2000-2013, sudah ada 2.450 gapoktan yang menerima bantuan traktor. Karenanya, masih ada tersisa sekitar 1.550 gapoktan lagi yang belum mendapatkan traktor.  ''Nanti akan saya selesaikan,'' kata Aher, saat menghadiri silaturahmi kyai se-wilayah III Cirebon, di Cirebon, Rabu (23/1).

Aher pun membandingkan pembagian traktor kepada gapoktan selama sepuluh tahun terakhir. Dia menyebutkan, sepanjang tahun 2000 - 2010, dari 6.000 gapoktan di Jabar, hanya sebanyak 2.000 gapoktan yang menerima bantuan traktor. Aher mengungkapkan, perhatiannya terhadap kelengkapan traktor bagi petani itu semata-mata karena rasa hormatnya kepada petani. Menurutnya, petani merupakan pahlawan pangan.

''Keberadaan traktor akan sangat membantu petani,'' kata Aher.

Aher menjelaskan, penggunaan traktor dalam proses pembajakan, dapat menyelesaikan sepertiga hektare lahan hanya dalam waktu tiga jam. Karenanya, pekerjaan membajak sawah cukup dilakukan oleh satu orang petani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement