Kamis 24 Jan 2013 12:41 WIB

Marzuki Alie Ingatkan Jokowi Soal Sumur Resapan

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: A.Syalaby Ichsan
Sejumlah pekerja mengerjakan proyek sumur resapan di halaman depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1).   (Republika/Agung Fatma Putra)
Sejumlah pekerja mengerjakan proyek sumur resapan di halaman depan Balai Kota, Jakarta, Senin (22/1). (Republika/Agung Fatma Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Marzuki Alie  meminta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk membuat program penanganan banjir yang matang secara konseptual. 

Dia memisalkan rencana pembangunan  waduk maupun sumur resapan harus dibuat perhitungannya secara matang. "Saya setuju saja dengan pemikiran yang ditawarkan Jokowi. Semua usaha harus dilakukan namun hitungannya harus matang,"katanya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, (24/1).

Pembangunan sumur resapan, kata Marzuki, ide yang  bagus. Namun diletakkan di mana saja harus ada pemetaan yang jelas. Contohnya, di Jakarta Utara juga bisa dibuat dam besar setinggi air laut saat pasang untuk menampung air. 

Banjir di Jakarta, ujar Marzuki, bukan hanya berasal dari pusat, juga oleh air laut. Genangan banjir dipompa  ke laut tetapi setiap tahun air laut juga masuk ke daratan. "Air dari darat yang dipompa ke laut, balik ke darat lagi,"ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement