Rabu 23 Jan 2013 23:37 WIB

Ancol Gelar Lomba Berhadiah Ratusan Juta Rupiah

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Dewi Mardiani
Ribuan warga memadati Pantai Ancol, Jakarta Utara. (Aditya Pradana Putra)
Ribuan warga memadati Pantai Ancol, Jakarta Utara. (Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Anda yang suka memotret dan menulis, sebuah kesempatan meraih hadiah jutaan rupiah bisa didapatkan dari PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA). Perusahaan yang mengelola kawasan wisata terpadu ini, menggelar lomba foto dan tulisan dengan tema 'Mewujudkan Ancol sebagai Ikon Wisata Edukasi.'

Dalam jumpa pers, Rabu (23/1), Direktur Ancol, Winarto, mengatakan lomba foto dan tulisan boleh diikuti oleh pelajar SMP dan SMA, umum dan wartawan. Menurutnya, khusus pelajar dan umum, karya foto diambil selama periode 19 Januari  - 28 Februari  2013. ''Karya foto harus mengenai objek atau kegiatan di dalam kawasan Ancol,'' ujarnya.

Sedangkan untuk kategori wartawan, foto yang dilombakan tidak harus foto yang sudah dipublikasikan di media. ''Yang pasti foto harus dibuat sebagaimana adanya. Foto dokumentasi dan tidak boleh melalui proses photoshop. Karena ini foto cerita, penilaian konten tetap menjadi pertimbangan utama, selain pada tingkat kesulitan dan lainnya,'' ujar Oscar Matuloh, ketua dewan juri kategori foto.

Sedangkan untuk lomba penulisan, karya harus dimuat di media, baik cetak maupun online, atau setidaknya di blog. Masa pemuatannya adalah dari 19 Januari hingga 30 Februari. Seluruh karya foto dan naskah tulisan paing lambat sudah diterima panitia paling lambat 30 Maret 2013.

Direktur Utama PJA, Budi Karya Sumadi, mengatakan lomba foto dan penulisan Ancol 2013, dilatarbelakangi eksistensi Ancol sebagai kawasan wisata terpadu dan terbesar di Asia Tenggara. ''Ancol telah menyediakan sarana yang memberikan kesenangan kepada masyarakat, tapi belum berarti penuh jika belum disertai muatan pembelajaran,'' kata Budi.

Adapun hadiah-hadiah yang disiapkan, untuk kategori pelajar, lomba foto maupun tulisan, juara I hadiah uang tunai Rp 10 juta. Juara II uang tunai Rp 5, juara III Rp 3 juta, dan tiga juara harapan masing-masing Rp 2 juta.

Untuk kategori umum dan wartawan, lomba foto dan penulisan hadiah  bagi juara I adalah uang tunai Rp 20 juta, juara II uang tunai Rp 10 juta, juara III uang tunai Rp 5 juta, dan tiga hadiah untuk juara III, masng-masing Rp 3 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement