Selasa 22 Jan 2013 19:21 WIB

Angkatan Udara AS-TNI AU Latihan Bersama

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Dewi Mardiani
Dua personel angkatan udara AS di atas helikopter Blackhawk
Foto: AFP
Dua personel angkatan udara AS di atas helikopter Blackhawk

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Angkatan Udara Asia pasifik dan Amerika Serikat (AS) bersama dengan TNI Angkatan Udara dan masyarakat Yogyakarta akan melakukan latihan bersama dalam bidang pelayanan kesehatan, khususnya dalam penanganan bencana.

Menurut Kepala RS Angkatan Udara Hardjolukito Yogyakarta, dr Frits MR SPOG, kegiatan di Yogyakarta yang akan dilaksanakan 22-28 April 2013 merupakan kegiatan yang ketiga setelah di Kupang dan Pakanbaru. Dikatakannya, tahun depan latihan bersama semacam ini akan dilaksanakan di Jayapura.

Adapun kegiatan latihan bersama tersebut, berupa evakuasi medik udara yang digunakan apabila ada bencana yang korbannya harus dievakuasi dengan pesawat udara.

Di samping itu, kata dia, juga akan dilakukan tukar-menukar teknologi dan pengalaman dari para ahli yang ada di AS maupun di Indonesia. ''Dalam kegiatan ini, partisipasi masyarakat sangat dinantikan dalam latihan bersama ini,''tutur Frits.

Rencananya, bersamaan dengan kegiatan latihan bersama yang akan berlangsung di Gamping II, Trianggo, dan Madurejo Prambanan, juga akan dilakukan bakti sosial, berupa pelayanan gigi, gizi, pelayanan masyarakat lainnya, serta ceramah tentang alih teknologi.

Paku Alam IX memberikan apresiasi kepada Tim Angkatan Udara Asia Pasifik dan AS yang akan meluangkan pengalaman dan keterampilannya untuk terselenggaranya kegiatan latihan bersama. 

Dia mempersilakan kepada tim tamu untuk menikmati segala fasilitas yang ada di Yogyakarta. ''Setelah latihan bersama diharapkan kedepannya tugas-tugas TNI AU agar lebih baik lagi dalam penangggulan bencana.''tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement