Selasa 22 Jan 2013 14:17 WIB

Monorail di Palembang Didesak Dipercepat

Rep: Maspril Aries/ Red: Mansyur Faqih
Monorail
Monorail

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin meminta True North Bridge (NTB) Capital untuk mempercepat pembangunan monorail di Palembang. Koridor 1 diharapkan dapat selesai dalam waktu dua tahun. Lebih cepat dari rencana awal selama empat tahun.

"Kalau empat tahun untuk membangun koridor 1, terlalu lama. Saya minta dikerjakan dua tahun," kata Alex, Selasa (22/1).

Keinginan Sumsel untuk memiliki monorail semakin dekat. Setelah penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan True North Bridge (NTB) Capital, Selasa.

Alex beralasan, percepatan proyek monoirail ini karena dari segi kebijakan dan dana tidak ada masalah. Tidak juga harus menunggu waktu lama untuk pembebasan lahan. Ini karena akan menggunakan median jalan.

Terkait keinginan itu, Direktur Utama NTB Capital, Omar S Hasan hanya mengatakan, akan menjalankan proses tender lebih dulu. "Tahun ini segera kita realisasikan pembangunannya," katanya.

Proyek monorail ini membutuhkan dana sebesar 20 juta dolar AS atau sekitar Rp 5 triliun. Nantinya, akan memiliki layanan empat koridor.  

Untuk tahap awal, akan dibangun koridor 1 dengan jalur Bandara SMB II sampai Masjid Agung sepanjang 15 kilometer. Kemudian, dilanjutkan pembangunan koridor 2 dengan jalur Masjid Agung sampai Jakabaring. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement