Jumat 18 Jan 2013 11:20 WIB

Katulampa Siaga 3, Jakarta Dapat Kiriman Air Lagi

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Djibril Muhammad
Bendungan Katulampa
Bendungan Katulampa

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Air dari hulu, masih akan menyambangi Jakarta pada sore nanti, Jumat (18/1). Pasalnya, Bendung Katulampa sempat mencapai tinggi muka air 200 cm (Siaga I) dini hari pada pukul 04.00 WIB tadi.

Andi Sudirman, Kepala Penjaga Bendung Katulampa mengabarkan saat ini, sekitar pukul 10.30 WIB, status Bendung Katulampa yaitu Siaga III. ''Saat ini tinggi muka air 100 cm,'' kata dia.

Sementara, kondisi cuaca masih mendung di wilayah hulu Ciliwung. Prakiraan cuaca Bogor menurut BMKG, diprediksi sejak pagi hingga malam akan didominasi hujan ringan dan sedang dengan suhu berkisar antara 22 hingga 29 derajat Celcius.

Kondisi cuaca seperti ini, Hendri Antoro, Kepala Informasi BMKG Bogor mengatakan merupakan puncak musim hujan yang akan terjadi hingga Februari mendatang. Yos Sudrajat, Kepala BPBD Bogor pun mengatakan, Bogor telah mengalami cuaca ekstrim karena hujan yang turun lebih dari delapan jam.

Meskipun beberapa wilayah banjir Jakarta telah dikabarkan surut, namun masyarakat masih diminta waspada terhadap air kiriman yang masih akan datang. Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, mengabarkan hingga saat ini tercatat 720 RT, 309 RW, 73 kelurahan dan 114.248 jiwa yang terkena imbas banjir Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement