Kamis 17 Jan 2013 13:47 WIB

Menko Polhukam Perintahkan Tambah Bantuan Evakuasi Warga

Rep: Esthi Maharani/ Red: Heri Ruslan
Menko Polhukam Djoko Suyanto
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Menko Polhukam Djoko Suyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menko Polhukam, Djoko Suyanto sudah memerintahkan Panglima TNI, Kapolri, dan Kabasarnas untuk mengerahkan tambahan kendaraan-kendaraan besar dan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terjebak di titik-titik banjir paling parah di Jakarta.

"Warga bisa memanfaatkannya sampai ke tempat-tempat tertentu dimana kendaraan umum bisa digunakan untuk meneruskan perjalanan atau pulang dan berkumpul dengan keluarga," katanya, Kamis (17/1). 

Ia meminta agar semua pihak bisa bekerja sama untuk mengatasi bencana banjir di Jakarta.

"Debat dan politisasi harus berhenti dalam keadaan ini dan digantikan oleh empati, solidaritas dan gotong royong. Dengan itu, beban berat apapun bisa kita pikul bersama," katanya.

Menurutnya, pengerahan tersebut sebagai wujud paradigma baru keamanan dimana "human security" -- atau dalam keadaan kebencanaan ini maka  fokus dan prioritas utama dari layanan keamanan untuk kemaslahatan pubik dapat  di implementasikan.

 

Operasi Bantuan kepada  Pemerintah Provinsi DKI ini perlu segera ditindak lanjuti utk  menemukan jalan keluar dari situasi ini dan meredakannya. Agar kesulitan yang dialami warga bisa segera diatasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement