Kamis 17 Jan 2013 12:01 WIB

Dompet Dhuafa Ajak Masyarakat Bantu Korban Banjir Nusantara

Rep: Alicia Saqina/ Red: Heri Ruslan
Jalan letjen Soeprapto, menuju Senen, Jakarta Pusat terendam banjir sekitar 30 sentimeter, Kamis (17/1).
Foto: Republika/Bilal Ramadhan
Jalan letjen Soeprapto, menuju Senen, Jakarta Pusat terendam banjir sekitar 30 sentimeter, Kamis (17/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa (DD) mengajak masyarakat luas berpartisipasi aktif bahu-membahu membantu masyarakat yang menjadi korban banjir, di sejumlah wilayah, di Nusantara. Bantuan tidak selamanya berbentuk fisik dan barang.

Saat ini, masyarakat sudah dapat menyalurkan bantuannya dalam bentuk dana. Dana bantuan ini yang nantinya, akan digunakan untuk program mitigasi dan penanggulangan bencana.

Imbauan ini pun, disampaikan dalam kampanye simpatik yang digelar sejumlah relawan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (17/1) pagi.

Dalam aksi kampanye, sejumlah musisi turut menjadi relawan. Selain menghibur pengungsi, mereka juga memasak dan menjalankan aktivitas pembantuan posko lainnya.

General Manager Resource Mobilization, Herdiansyah, mengatakan, sejak satu bulan lalu DD telah menyiagakan dan menerjunkan tim kebencanaan (Disaster Management Center).

Tim kebencanaan ini diterjunkan untuk membantu masyarakat di berbagai daerah. Mulai dari Timur Indonesia, seperti Sulawesi, hingga Barat, seperti Sumatera Barat, Aceh, dan Banten.

''Jika bisa fisik, silakan, namun jika tidak bisa, kami di Dompet Dhuafa bisa memfasilitasi,'' kata Herdiansyah di Jakarta, Rabu (16/1).

Ia menjelaskan, untuk di Jakarta sendiri, tim kebencanaan sudah diterjunkan sejak dua hari lalu. Tim bertugas mengevakuasi, mendirikan posko, dan dapur umum bagi pengungsi. Kegiatan tim ini di antarannya dilakukan mulai dari Kampung Melayu, Tebet, Ulujami, hingga Jakarta Barat.

Herdiansyah mengungkapkan, tim DD juga mendapat bantuan dari kalangan selebritis, seperi Slank dan Wali band, dalam membantu para korban bencana. ''Sejumlah musisi ikut menjadi relawan. Selain menghibur, mereka juga ikut memasak dan menjalankan aktivitas posko lainnya,'' ujarnya.

Oleh karena itu, Herdiansyah mengimbau kepada warga untuk dapat bersama-sama meminimalisasi dampak bencana, termasuk banjir. ''Bencana memang tidak dapat kita hindari, tetapi kita bisa minimalisir dampaknya,'' ucap dia. Herdi menegaskan, jangan sampai-sampai kita menunggu tenggelam, baru setelahnya bergerak.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, donasi dapat disalurkan melalui Bank Mandiri dengan nomor rekening di 101.000.6475.733. Selain melalui Mandiri, masyarakat dapat pula berdonasi melalui Bank BNI Syariah, ke nomor rekening 009.153.9002, atas nama Yayasan Dompet Dhuafa Republika.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement