Rabu 16 Jan 2013 13:49 WIB

Kapolri Dukung Usulan Presiden Soal Kampanye

Rep: Ira Sasmita/ Red: Hazliansyah
Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo berbicara pada rilis akhir tahun 2012 di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (28/12).
Foto: Republika/Prayogi
Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo berbicara pada rilis akhir tahun 2012 di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (28/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usulan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenai mekanisme kampanye terbuka, didukung Kapolri Jendral Timur Pradopo.

"Kan bagus itu, nanti KPU sebagai penyelenggara pemilu yang melaksanakan," kata Timur di Gedung KPU Pusat, Jakarta, Rabu (16/1).

 

Sebagai penyokong pengamanan penyelenggaraan pemilu, kepolisian, lanjut Timur, siap mendukung segala bentuk kampanye dan seluruh tahapan pemilu. Mulai dari penentuan calon peserta pemilu, penentuan calon peserta pemilu, hingga pengamanan di seluruh lapisan daerah di Indonesia.

Kepolisian, kata Timur, siap mengamankan metode kampanye dalam bentuk apapun. Jika SBY menyarankan kampanye terbuka diganti dengan kampanye tertutup dengan tetap melibatkan massa yang cukup banyak, kepolisian siap mengamankan.

Sebelumnya SBY menyarankan KPU memberikan izin penyelenggaraan kampanye yang lebih kecil, tetapi dengan pesan yang dapat ditangkap masyarakat. Ketua Dewan Pembina Demokrat itu menilai ketimbang kampanye berskala besar di ruang terbuka, lebih baik dilakukan kampanye di ruang tertutup yang dihadiri 1.000 sampai 2.000 massa.

Kampanye yang lebih sedikit itu, menurut SBY, bisa disiarkan oleh media massa sehingga bisa ditangkap masyarakat lebih banyak. Sistem kampanye seperti itu dinilainya lebih hemat, dan bisa berjalan lebih tertib dan aman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement