Rabu 16 Jan 2013 12:50 WIB

Rencananya akan Dikepung Demonstran, Bundaran HI Masih Kondusif

Rep: Alicia Saqina/ Red: Heri Ruslan
Massa di Bundaran HI pada May Day (Hari Buruh Internasional) 1 Mei 2012
Foto: Siti Iktava Nadawatie
Massa di Bundaran HI pada May Day (Hari Buruh Internasional) 1 Mei 2012

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Situasi dan kondisi arus lalulintas di sekitar wilayah Bundaran Hotel Indonesia (HI), saat ini masih terpantau aman terkendali. Belum terlihat arus kepadatan kendaraan yang berarti di sekitar wilayah Patung Selamat Datang ini.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari pihak Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, pada Rabu (16/1) ini akan ada sekitar 3.000 peserta unjuk rasa (unras) yang akan menyampaikan aspirasinya ke beberapa kantor kementerian, di Ibu Kota. Alasan berlangsungnya unras dari para elemen buruh ini pun dikatakan, masih terkait kebijakan baik Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Kota (UMK).

Saat ini, sebagai bentuk pengamanan, sudah terlihat puluhan personel brigade mobil (brimob) yang bersiap-siaga di sekitar Pos Polisi Bundaran HI. Kendaraan-kendaraan mereka pun, sebagian sudah terparkir di sisi Jalan MH Thamrin itu.

Seorang petugas kepolisian lalulintas yang bertugas di Bundaran HI, Inspektur Satu (Iptu) Supartono, mengatakan, ribuan peserta unras tersebut saat ini masih berada di depan Kantor Polda Metro Jaya, Semanggi.

''Yang saya dengar jumlahnya 4.000-an. Ratusan kendaraan mereka pun, informasinya terparkir disepanjang sisi kiri Jalan Sudirman hingga Senayan,'' ujar dia, Rabu (16/1) siang, saat ditemui di lampu merah Bundaran HI. Ia mengatakan, massa sedang berdemo di depan gerbang Polda Metro Jaya.

Supartono mengatakan, kendaraan yang digunakan peserta aksi tidak hanya bus, tetapi juga mobil-mobil pelat hitam. Bahkan dimungkinkan pula, dari mereka ada yang mengendarai sepeda motor.

Berdasarkan informasi yang diturunkan Polda Metro Jaya kemarin (15/1), ribuan massa ini berasal dari serikat pekerja metal FSPMI Kota Bekasi dan kabupaten. Ada pula beberapa yang datang dari beberapa wilayah Industri di Jawa Barat.

Supartono melanjutkan, seusai berdemo di Kantor Polda Metro Jaya, pergerakan massa, saat ini, belum diketahui akan berlanjut ke titik mana. Kemungkinan konsentrasinya akan terpecah. ''Mungkin saja ke sini (HI), atau langsung ke BUMN, ESDM, Balai Kota,'' ujarnya.

Ia menambahkan, petugas kepolisian lalulintas yang berjaga mengatur lalulintas di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-MH Thamrin yaitu, sebanyak 80 orang. Ia juga memperkirakan, berlangsungnya demo ini akan berjalan tertib dan lancar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement