Selasa 15 Jan 2013 16:32 WIB

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Prof Zakiah

Rep: Hannan Putra/ Red: Karta Raharja Ucu
 Prof Zakiah Daradjat
Foto: wordpress.com
Prof Zakiah Daradjat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Izu Zukafil, sepupu almarhumah Prof Zakiah Daradjat, menjelaskan penyebab meninggalnya pakar psikologi Islam itu karena usia yang sudah sepuh.

"Memang ada gangguan pada paru-parunya itu. Berupa lendir yang terlalu banyak hingga tak bisa lagi disedot," kata Icu di Jakarta, Selasa (15/1).

Meski demikian, Icu mengatakan penyakit tersebut bukan penyebab utamanya. "Yang utama kan karena usia (lanjut). Usia kita kan sudah ditentukan oleh Allah. Dalam surat Alma'arif itu kan (ketika usia lanjut, fisik itu) semuanya akan dikurang-kurangi sama Allah," tuturnya.

Icu mengaku sangat dekat dengan almarhumah. Ia juga sering dijadikan tempat berbagi cerita bagi Zakiyah.

"Saya ini adik sepupu. Ada keluarga dekat beliau tapi perempuan semua, dan itu juga sudah tua-tua. Makanya saya jadinya yang mewakili pihak keluarga, karena saya pucuk suku," sebut Icu.

Dalam setahun terakhir, kata Icu, Zakiah sering bolak-balik ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya. Diungkapkan Icu, Guru Besar UIN Jakarta itu punya beberapa wasiat.

"Wasiat almarhum, ya hanya sebatas orang yang berilmu. Seperti tuntutlah ilmu, emban amanah ilmu itu, jangan pernah berhenti belajar," tutur Icu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement