Selasa 15 Jan 2013 11:33 WIB

Tiga Pasar Tradisional Solo akan Dimodernisasi

Pasar Tradisional (Ilustrasi)
Foto: kabartop.com
Pasar Tradisional (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota Surakarta akan melakukan renovasi tiga pasar tradisional pada tahun ini. Yakni Pasar Pabsa Gilingan, Pasar Elektronik, Pakaian, dan Barang Bekas (Elpabes) Banjarsari, dan Pasar Kliwon.

Upaya itu dilakukan agar pasar tradisional mampu bersaing dengan pasar modern yang tumbuh di daerah itu.

"Pengajuan anggaran pembangunan Pasar Elpabes sudah disetujui dalam APBD 2013 sebesar Rp 9 miliar rupiah," kata Kepala Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Pemkot Surakarta, Subagyo di Solo, Selasa (15/1). 

Ia menambahkan, pembangunan Pasar Elpabes akan segera dilakukan dan rencananya sudah lelang akhir Januari 2013. Revitalisasi pasar ini memang mendesak mengingat usianya yang sudah cukup tua.

Nanti, bangunan baru pasar akan mampu menampung seluruh pedagang yang saat ini berjumlah 202 orang. Ditambah dengan 30 pedagang kaki lima yang selama ini beraktivitas di sekitar pasar setempat.

"Desain bangunannya nanti menyesuaikan dengan bangunan khas Solo, dilengkapi dengan parkir basement dan parkir khusus untuk kios servis elektronik mobil," katanya.

Pemerintah juga mengalokasikan Rp 11 miliar untuk membangun Pasar Pabsa Gilingan dan Rp 7 miliar untuk pembangunan tahap kedua Pasar Kliwon. 

"Kami tetap konsisten untuk memajukan pasar tradisional agar tetap hidup dan mampu bersaing dengan pasar modern," kata Subagyo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement