Senin 14 Jan 2013 10:46 WIB

Antisipasi Banjir, Perlu Jalur Kereta ke Pelabuhan

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Dewi Mardiani
Jalur Kereta Api Manggarai Soekarno-Hatta
Jalur Kereta Api Manggarai Soekarno-Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia perlu membangun jalur kereta api yang terhubung hingga pelabuhan untuk mengantisipasi banjir. Pengamat transportasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setiyowarno, mengatakan hampir di semua negara maju, memiliki jalur kereta yang terhubung dengan bandara maupun pelabuhan.

"Kita paling banyak mengangut barang menggunakan jalur jalan raya, jalur rel kereta menuju pelabuhan harus diaktifkan," kata Djoko, Senin (14/1) saat dihubungi.

Ketergantungan Indonesia terhadap jalan raya untuk pengangkutan barang menimbulkan kerugian yang besar saat jalan tol Tangerang-Merak mengalani banjir. Berdasarkan data yang dihimpun dari pengusaha logistik, kerugian akibat banjir ini mencapai milyaran per hari. Kerugian disebabkan karena truk terpaksa harus menunggu di pelabuhan sehingga kehilangan potensi penghasilan.

Djoko mengatakan pelabuhan Kalibaru, atau New Priok yang sedang dibangun saat ini harus memiliki jalur rel agar tidak mengalami hal yang sama dengan nasib Pelabuhan Merak saat jalan tolnya terendam banjir. Ia mencontohkan jalur kereta api sudah dibangun di berbagai negara, salah satunya di Jerman.

Jerman yang luas wilayahnya hanya seluas Pulau Sumatra, memiliki jalur rel dengan panjang 40 ribu kilometer (km). Kereta itu, kata dia bisa menganggut hingga 80 juta ton barang setiap tahun. Menurutnya, distribusi barang menggunakan kereta akan lebih efisien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement