Sabtu 12 Jan 2013 18:10 WIB

Indonesia Bidik Ratusan Ribu Turis Belanda di 2013

Turis asing di kampung wsiata Dipowinatan, Yogyakarta
Foto: courtesy of tripandtrick.com
Turis asing di kampung wsiata Dipowinatan, Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia mengincar sekurang-kurangnya 175 ribu turis asal Belanda agar berkunjung ke tanah air sepanjang 2013. Selama ini negeri Kincir Angin itu merupakan salah satu negara fokus pasar wisata Indonesia.

"Target untuk pasar Belanda pada 2013 adalah 175 ribu wisatawan bisa berkunjung ke Indonesia," kata Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Esthy Reko Astuty, dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (12/1).

Menurut dia, kunjungan wisatawan dari Belanda ke Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2010, Indonesia menerima 158.957 wisatawan Belanda, meningkat menjadi 157.693 wisatawan pada 2011 atau naik 2,88 persen.

"Meskipun hampir seluruh daratan Eropa sedang terimbas resesi global namun sektor pariwisata terus berjalan dan tetap prospektif khususnya bagi Indonesia yang selama ini menjadi salah satu destinasi alternatif wisatawan Eropa," ujar Esthy.

Oleh karena itu, Indonesia berpartisipasi dalam perhelatan Vakantiebeurs 2013 di Utrecht, Belanda, sebagai salah satu langkah nyata mempromosikan pariwisata Indonesia kepada publik di Belanda.

Vakantiebeurs merupakan sebuah ajang pameran promosi pariwisata terbesar di Belanda yang berlangsung rutin tahunan dimana pada tahun ini digelar dari 8 - 13 Januari 2013. Tahun ini, kata Esthy, menjadi tahun keenam partisipasi Indonesia dalam ajang Vakantiebeurs.

Indonesia fokus mempromosikan destinasi wisata baik Bali yang telah lebih dahulu dikenal maupun destinasi lain di luar Bali meliputi Bromo-Tengger-Semeru, Komodo, Wakatobi, hingga Toraja.

Esthy berusaha meyakinkan publik di Belanda bahwa banyak hal bisa dilakukan di Indonesia di antaranya berwisata budaya dan sejarah, alam dan ekowisata, olahraga rekreasi seperti menyelam, berselancar, berlayar, trekking, hiking dan golf, kapal pesiar, kuliner dan belanja, kesehatan dan kebugaran, dan Pertemuan/Konvensi (MICE).

Pihaknya mencatat, hingga November 2012, pariwisata di Indonesia mengalami pertumbuhan 5,09 persen dibanding periode yang sama pada 2011. Wisatawan dari kawasan Eropa, khususnya dari Inggris dan Belanda merupakan salah satu sasaran utama untuk pasar Indonesia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement