Selasa 08 Jan 2013 23:33 WIB

Lampung Selatan Masih Berstatus KLB Demam Berdarah

Pasien demam berdarah, ilustrasi
Foto: Republika
Pasien demam berdarah, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KALIANDA, LAMPUNG -- Pasien pengidap demam berdarah dengue (DBD) terus bertambah. Bahkan jumlah pasien telah melebihi kapasitas ruang perawatan di Rumah Sakit Umum Bob Bazar Kota Kalianda, Lampung Selatan.

"Sampai hari ini jumlah pasien mencapai 54 orang yang dan semuanya anak-anak di bawah usia 12 tahun," kata Kepala Bidang Perawatan rumah sakit itu, Suherman di Kalianda, Selasa.

Ia menjelaskan, sebagian besar pasien anak itu berasal dari sejumlah desa di Kecamatan Sripendowo Lampung Selatan yang merupakan daerah berstatus Kejadian Luar Biasa (KLB). Di daerah itu sudah sebanyak tujuh orang tewas dalam kurun waktu sepekan lebih belakangan ini.

Sementara itu, Kasie Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Kristi Endrawati, mengatakan, kasus penyebaran DBD di wilayah Kecamatan Ketapang masih ditetapkan sebagai kasus luar biasa (KLB) dengan jumlah 44 kasus.

"Dari hasil uji laboratorium 17 diantara positif terserang demam berdarah," kata dia.

Masa inkubasi penyakit didaerah itu diperkirakan hingga 14 Januari 2013 dan pihaknya akan terus melakukan pengawasan dan juga pengasapan massal.

Ia menambahkan, selain Kecamatan Ketapang, serangan DBD juga terus meluar sampai Kecamatan Tanjungbintang karena pihaknya menemukan 10 kasus positif serangan demam berdarah di wilayah itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement