Ahad 06 Jan 2013 08:44 WIB

Aher Puji 'Tana Abang' Bandung

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Didi Purwadi
Ahmad Heryawan
Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, bersama istri Netty Prasetyani mengunjungi Pasar Baru Bandung yang dikenal dengan 'Tana Abang'-nya Bandung. Namun, keduanya datang bukan untuk berbelanja. Tapi, kedatangan mereka untuk mengetahui pengelolaan pasar tersebut.

Heryawan mengatakan Pasar Baru Trade Center Kota Bandung menjadi salah satu motor perekonomian Jabar. Bahkan, pasar yang dibangun dan dikelola secara modern pada 2001 itu menjadi pusat perdagangan tekstil utama tanah air.

''Pasar berlantai sembilan ini sekarang menjadi salah satu tujuan utama pedagang busana dari beberapa negara di Asia Tenggara,'' papar Heryawan yang akrab disapa Aher.

Aher mengatakan dirinya bertemu dengan pembeli dari Ciamis, Tasikmalaya, bahkan Jawa Timur. Produk yang diperdagangkan di sini berasal dari berbagai daerah di Jabar. Hal ini tentu menunjukkan Pasar Baru menjadi salah satu roda perekonomian penting di Jabar.

Jumlah pedagang di Pasar Baru, kata dia, mencapai 15 ribu. Rata-rata pedagang memiliki karyawan tiga orang. Itu berarti tak kurang 45 ribu orang menjalankan aktivitas ekonomi setiap hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement