Sabtu 05 Jan 2013 08:17 WIB

Sosok Presiden Impian Mahfud MD, Seperti Siapa?

Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD
Foto: Widodo S. Jusuf/Antara
Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengharapkan adanya sosok presiden seperti Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Dur.

"Mudah-mudahan nanti ada presiden yang seperti Gus Dur," katanya pada peringatan Haul Gus Dur Ketiga yang bertajuk "Fakta Lengsernya Gus Dur" di Jakarta, Jumat malam.

Mahfud juga menilai sosok calon presiden untuk pemilu 2014 setidaknya memiliki karakter mirip dengan tokoh Nahdatul Ulama tersebut. "Beliau itu tegas, egaliter, jujur dan tidak mau memanfaatkan posisi untuk mengambil keuntungan pribadi," katanya.

Dia juga mengatakan banyak tokoh yang memiliki sifat dan menerapkan prinsip seperti Gus Dur, namun ia enggan menyebutkannya. "Selain itu, sosok presiden juga harus mencerminkan keberanian, kejujuran dan memiliki kemampuan atau kapabilitas," katanya.

Namun, ketika ditanya mengenai dirinya untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada pemilu 2014, Mahfud enggan berkomentar. "Saya punya keberanian dan kejujuran untuk tidak menjawab pertanyaan itu," katanya.

Dia juga meminta agar sistem hukum dan politik segera dibenahi. "Demokrasi itu bagus apabila konstitusinya dijalankan," katanya.

Mahfud mengakui saat ini masih banyak kinerja pemerintahan yang belum sepenuhnya terbuka. "Kita lihat saja, masyarakat juga bisa menilai," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement