Jumat 04 Jan 2013 10:57 WIB

Jokowi Klarifikasi Isu Penganjalan APBD DKI

Rep: Rina Tri Handayani/ Red: Abdullah Sammy
Gubernur Jakarta, Joko Widodo
Foto: ANTARA
Gubernur Jakarta, Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- APBD 2013 DKI Jakarta mengalami keterlambatan pengesahan. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan keterlambatan itu akibat pihaknya menjelaskan bolak balik ke DPRD terkait APBD 2013.

Lantas apakah Jokowi merasa diganjal langkahnya oleh DPRD? ''Nggak. Diganjal apanya. Enggak,'' ujar Jokowi kepada wartawan, Jum'at (4/1).

Menurutnya, keterlambatan pengajuan APBD hanya karena  masalah komunikasi menyangkut penjelasan program. Jokowi memandang bahwa legislatif dengan eksekutif merupakan mitra.

Dia menilai sebuah program yang dikoreksi, minta diperjelas, dan diperbaiki bukan menjadi masalah. Sehingga, tidak terdapat ganjal mengganjal terkait keterlambatan ketok palu APBD 2013. Namun, Jokowi mengklaim proses ini sangat lancar dan baik.

Jokowi mengatakan, keterlambatan pengajuan APBD diakibatkan pelantikan dirinya sebagai Gubernur yang baru terlaksana pada 15 Oktober 2012. Menurutnya, jika tidak mau terlambat, maka rancangan APBD yang sudah disusun pemerintahan terdahulu tidak perlu dirombak. Namun dia mengaku semua APBD DKI 2013 telah dirombak total.

Menurutnya, yang paling penting adalah komunikasi bolak balik dengan dewan agar bisa dipercepat. Sehingga, dia memperkirakan pertengahan Januari sudah rampung.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement