Rabu 02 Jan 2013 06:51 WIB

Korupsi Indonesia Lebih Parah dari Timor Leste

Koruptor (ilustrasi).
Foto: Blogspot.com
Koruptor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Dari daftar indeks persepsi korupsi versi Transparansi Internasional, terungkap fakta bahwa persepsi korupsi Indonesia masih dibawah Timor Leste. Timor Leste ada di peringkat 113 atau lebih baik satu poin dari Indonesia.

Sekalipun eks propinsi ke 27 Indonesia ini baru resmi merdeka tahun 2002, namun negara di Timur kepulauan Nusa Tenggara ini dinilai punya transparansi keuangan yang lebih baik.

Selain Timor Leste, Indonesia juga masih lebih korup dibanding negara Asia Tenggara lain, seperti Filipina, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Persepsi korupsi di Indonesia hanya lebih baik dari Vietnam, Kamboja Laos dan Myanma.

Sebelumnya, daftar indeks persepsi korupsi tahun 2012 versi Tranparansi Internasional menempatkan Indonesia tergabung dalam 60 besar negara terkorup di dunia.  Seperti dilansir laman Transparansi Internasional, indeks persepsi korupsi Indonesia duduk di peringkat 118 dari daftar 174 negara. Namun jika mengacu poin tiap negara, Indonesia duduk di posisi 56 negara terkorup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement