Senin 31 Dec 2012 15:07 WIB

Alhamdulillah, 74 Penyandang Cacat Terima Bansos

Seorang penyandang cacat sedang dipakaikan kaki palsu. (ilustrasi)
Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Seorang penyandang cacat sedang dipakaikan kaki palsu. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, RENGAT -- Sebanyak 74 orang penyandang cacat dari 20 desa di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menerima bantuan sosial (bansos) dari program PNPM mandiri Pedesaan.

"Sebanyak 74 orang penyadang cacat menerima bansos dari hasil simpan pinjam perempuan (SPP) dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Pedesaan," kata Sri Suhartini, Ketua Unit pelaksanaan Kegiatan (UPK), di Rengat, Senin.

Pengelolaan dana SPP sudah dimulai sejak 2005 sampai 2011. Total pinjaman yang digulirkan sebesar Rp 10,6 miliar dan realisasi pengembalian pinjaman sebesar Rp 7,805 miliar. Sedangkan, bunga yang berhasil didapat sebesar Rp 1,138 Miliar.

Dari besaran bunga tersebut, pihaknya menyisakan dana bantuan sosial untuk penyandang cacat yang berada di Kecamatan Batang Cenaku.

"Pencatatan terhadap para penyandang cacat ini kita lakukan bersama dengan aparatur pemerintah desa dibantu kader pemberdayaan PNPM di masing-masing desa," jelasnya.

Untuk tahun ini, masing-masing penyandang cacat menerima bantuan sosial sebesar Rp 500 ribu. "Bantuan ini jangan dilihat dari nilainya, tetapi dilihat dari wujud kepedulian PNPM," papar Sri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement