Senin 31 Dec 2012 10:07 WIB

Jelang Tahun Baru, Berikut Ruas Jalan Yang Dialihkan

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Dewi Mardiani
  Suasana arus lalu lintas di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. (Adhi Wicaksono)
Suasana arus lalu lintas di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan. (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang malam pergantian tahun, mulai Senin (31/12) sore, lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Kota Jakarta akan mengalami pengalihan.

Pengalihan ruas jalan itu berkaitan dengan kebijakan Gubernur Jakarta, Joko Widodo, yang menerapkan sistem car free night. Dalam sistem ini, seluruh kendaraan bermotor akan dibatasi pergerakannya agar tidak ada penumpakan terjadi saat perayaan menyambut tahun baru 2013 nanti.

 

Bagi para pengemudi yang hendak melintasi Jakarta ada baiknya memperhatikan sejumlah titik berikut yang akan dialihkan oleh Polda Metro Jaya, yaitu:

1. Bunderan Hotel Indonesia (HI)

Kendaraan akan di arahkan menuju ke Jalan Imam Bonjol – Traffic light Jalan Cokroaminoto - dan seterusnya. Kemudian kendaraan juga akan diarahkan menuju ke Jalan Tanjung Karang – Jalan Kendal - dan seterusnya.

 

2. Bunderan Bank Indonesia

Jalan MH Thamrin arah ke selatan akan ditutup dan penutupan Jalan Medan Merdeka Barat juga akan dilakukan. Nantinya kendaraan diarahkan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan ke Jalan Budi Kemuliaan.

 

3. Traffic Light Jalan Kebon Sirih

Penutupan terjadi pada Jalan MH Thamrin arah ke utara dan selatan. Nantinya pengemudia akan diarahkan ke Jalan Kebon Sirih arah timur -arah Tugu Tani- dan ke arah barat - arah Tanah Abang.

 

4. Traffic Light Sarinah

Penutupan juga terjadi di Jalan MH Thamrin arah ke utara dan selatan. Natinya kendaraan diarahkan ke Jalan Wahid Hasyim arah barat, ke arah Tana Abang dan ke arah timur, juga arah Traffic light Jalan Sabang.

 

5. Dukuh Atas

Penutupan Dukuh Atas arah ke utara. Pengemudi diarahkan menuju ke Traffic light Dukuh Bawah.

 

6. Gedung Dharmala

Jalan Jenderal Sudirman arah ke utara  akan ditutup. Kendaraan yang hendak melintas akan diarahkan ke Mas Mansyur – Traffic light Karet - dan seterusnya

 

7. Daerah Semanggi

Penutupan Jalan Jenderal Sudirman arah ke utara, Imbasnya kendaraan di arahkan ke Jalan Gatot Subroto arah timur –menuju Cawang - Juga diarahkan ke selatan - arah Blok M

 

8. Bunderan Senayan

Penutupan Jalan Jenderal Sudirman arah utara. Nantinya kendaraan diarahkan menuju Jalan Hang Tuah dan ke Jalan Sisingamangaraja.

 

Untuk Informasi, sepanjang Jalan Sudirman hingga MH Thamrin yang paling banyak mengalami pengalihan arus akan mulai ditutup pada pukul 18.00 WIB.

 

Dua jam sebelum penutupan, Polisi akan menyaring kendaraan yang melintas untuk kemudian diarahkan menuju jalu-jalur alternatif yang disediakan. Prosedur sama juga diberlakukan pada jalur lambat Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin pada pukul 20.00 WIB.

 

Diperkirakan, seluruh ruas jalan yang dialihkan dan ditutup ini baru akan dibuka kembali setelah lewat pukul 00.00 WIB atau lebih karena bersifat situasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement