Jumat 28 Dec 2012 21:08 WIB

KAI Semarang: Tiket Kereta Ekonomi Ludes Terjual

Kereta Ekonomi (ilustrasi)
Kereta Ekonomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang menyatakan tiket kereta api (KA) ekonomi jarak jauh pada masa libur Tahun Baru 2013 sudah ludes terjual.

"Seluruh tiket KA ekonomi, baik KA Tawang Jaya maupun KA Tegal Arum hingga tanggal 6 Januari 2013 sudah habis," kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Surono di Semarang, Jumat (28/12).

Untuk KA komersial, kata dia, tiket pemberangkatan tanggal 1 Januari 2013 sudah habis terjual, sementara untuk pemberangkatan tanggal 2 Januari 2013 saat ini hanya tersisa sekitar 300 tiket.

KA komersial yang dimaksud adalah KA Argo Sindoro, KA Argo Muria, KA Menoreh, dan KA Fajar Utama (Semarang-Jakarta), kemudian KA Harina (Semarang-Bandung), dan KA Rajawali (Semarang-Surabaya).

Menurut dia, PT KAI Daops IV Semarang telah menyiapkan langkah mengantisipasi lonjakan penumpang pada masa libur Tahun Baru 2013, sama halnya dengan libur Natal, salah satunya penambahan gerbong.

Ia menjelaskan penambahan gerbong berpendingin udara (AC) sudah dilakukan untuk KA ekonomi jarak jauh, yakni KA Tawang Jaya (Semarang-Jakarta) dan KA Tegal Arum (Tegal-Jakarta) masing-masing satu gerbong.

Dengan penambahan satu gerbong ekonomi AC untuk masing-masing rangkaian KA ekonomi jarak jauh itu, kata dia, daya tampung penumpang KA mengalami penambahan sebanyak 106 tempat duduk.

Pada KA komersial, kata dia, dilakukan pula penambahan gerbong untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, yakni maksimal satu untuk setiap rangkaian KA, seperti KA Menoreh, KA Fajar Utama, dan KA Rajawali.

"Kami maksimalkan rangkaian KA dalam menghadapi masa libur panjang ini, terutama untuk KA komersial. Namun, maksimal penambahan hanya satu gerbong untuk setiap rangkaian KA," kata Surono.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement