Kamis 27 Dec 2012 17:28 WIB

Oneng Janjikan Anggaran Kesehatan Jawa Barat Ditambah

Rep: Riga Iman / Red: Citra Listya Rini
Rieke Diah Pitaloka
Foto: Antara
Rieke Diah Pitaloka

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Calon Gubernur Jawa Barat, Rieke Diah Pitaloka menjanjikan adanya kenaikan anggaran kesehatan bila nanti terpilih menjadi Gubernur Jabar. Hal ini disampaikan saat mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Kamis (27/12).

"’Nanti jika terpilih, anggaran kesehatan akan ditambah dalam APBD Perubahan," kata Rieke di depan Direktur Utama (Dirut) RSUD R. Syamsudin SH, Suherman. 

Peningkatan anggaran ini salah satunya untuk menambah ruang perawatan dan tempat tidur pasien di setiap rumah sakit.Pasalnya, kata Rieke, dari pantauannya tempat tidur di RSUD Syamsudin saja tidak mampu menampung para pasien. 

Khusus untuk RSUD Syamsudin membutuhkan tambahan sekitar 200 tempat tidur baru. Dengan penambahan tempat tidur ini tidak ada lagi pasien dari warga miskin yang ditolak rumah sakit. 

Selain menambah tempat tidur di rumah sakit, Rieke juga menjanjikan pembangunan puskesmas di daerah-daerah.Di sisi lain Rieke mengatakan, pasangan Rieke-Teten atau biasa disebut Paten telah meluncurkan kartu Binangkit. 

Keberadaan kartu ini sebagai upaya memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga miskin yang mebutuhkan.Dari data yang ada, kata Rieke, jumlah warga miskin di Jabar mencapai sekitar 4,5 juta jiwa. Semua warga miskin tersebut akan mendapatkan Kartu Binangkit. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement