Selasa 25 Dec 2012 11:22 WIB

Flu Burung Mulai Serang Ayam di Empat Daerah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Serangan flu burung mulai menyebar ke ribuan ayam kampung di sejumlah daerah. Sebelumnya, kasus flu burung hanya menyerang ribuan itik. 

"Informasi sementara ada empat daerah yang terdapat flu burung pada ayam," ujar Ketua Umum DPP Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli), Ade Meirizal Zulkarnain, di Sukabumi, Senin (24/12). 

Keempat daerah tersebut yakni Bogor, Sukabumi, Pemalang, dan Sleman. Menurut Ade, serangan ini berlangsung pada saat penyebaran flu burung pada itik belum selesai ditangani. Sehingga para peternak di berbagai daerah baik ayam maupun itik harus meningkatkan kewaspadaanya.

Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Sukabumi, Asep Sugianto mengatakan, hingga kini pihaknya belum menerima laporan baru kasus flu burung pada ayam. "Belum ada laporan flu burung terbaru," ujar dia.

Menurut Asep, di sepanjang 2012 ini kasus flu burung di Sukabumi hanya terjadi di dua kecamatan yakni Purabaya dan Bojonggenteng. Jumlah ini menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement