Jumat 21 Dec 2012 08:14 WIB

Sukabumi Kembangkan Daerah Pesisir Tangguh

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Lambang Kota Sukabumi
Foto: westjavainvest.com
Lambang Kota Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak tiga desa di pesisir selatan Sukabumi akan dijadikan kawasan Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT). Program ini diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian di wilayah pesisir pantai.

Tiga desa tersebut yakni Desa Loji dan Cidadap Kecamatan Simpenan dan Desa/Kecamatan Palabuhanratu.

"Sasaran kegiatan ini terutama dalam bina lingkungan dan infrastruktur," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sukabumi, Adjo Sardjono. Selain itu, memberikan pendampingan terhadap perubahan iklim dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Ditambahkan Adjo, pembangunan daerah pesisir tidak hanya mengandalkan fasilitasi pemerintah. Pasalnya, masyarakat didorong untuk berkontribusi dengan cara bergotongroyong dan swakelola.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina menambahkan, pengembangan desa pesisir tangguh sudah berjalan sejak awal 2012 lalu. Hasilnya, pengembangan ekonomi di tiga desa yang ditetapkan menjadi desa pesisir tangguh mengalami peningkatan yang cukup baik dibandingkan sebelumnya.

Ke depan, program semacam ini akan dikembangkan lebih luas ke daerah pesisir lain. Sehingga potensi perekonomian terutama dalam bidang perikanan laut dapat teroptimalkan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement