Rabu 19 Dec 2012 14:40 WIB

Muhaimin: Percepat Pemulangan TKI dari Malaysia

Sejumlah TKI yang bekerja di Malaysia.
Foto: Antara/Henky Mohari
Sejumlah TKI yang bekerja di Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar meminta agar Atase Tenaga Kerja (Atnaker) Indonesia di Malaysia mempercepat proses pemulangan TKI.

"Selesaikan segera kasus hukum yang menimpa TKI di Malaysia. Mereka harus cepat dipulangkan," ujarnya  Muhaimin, Rabu (19/12).

Muhaimin  meninjau TKI  yang berada shelter penampungan TKI KBRI Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu Siang (19/12). Sebanyak 13 dari 65 orang TKI yang berada di shelter penampungan TKI  akan dipulangkan ke tanah air Kamis (20/12).

Menurut Muhaimin,  perlindungan hukum bagi TKI  perlu ditingkatkan. “Atnaker harus meningkatkan kerja sama dan  berkoordinasi dengan pengacara setempat  agar mampu membantu menyelesaikan masalah TKI,"katanya.

Kebanyakan TKI, kata Muhaimin,  diberangkatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Mereka  rentan menjadi korban.

TKI di penampungan, ujar Muhaimin, kebanyakan lari dari majikannya. Mereka   tidak betah bekerja, tidak cocok dengan majikan atau beban kerjanya  berlebihan.

sumber : Fenny Melisa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement