Senin 17 Dec 2012 06:48 WIB

Sulsel Punya PLTU Baru

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Fernan Rahadi
PLTU Bosowa
Foto: indonesiafinancetoday.com
PLTU Bosowa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasokan listrik untuk masyarakat Sulawesi Selatan akan kian terpenuhi dengan beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Jeneponto. PLTU yang berlokasi di Desa Punagaya, Kabupaten Jeneponto ini, dibangun oleh  PT Bosowa Energy.

PLTU tersebut memiliki kapasitas daya listrik 2 x 125 Megawatt (MW). Chief Executive Officer (CEO) Bosowa, Erwin Aksa mengatakan, rencananya peresmian PLTU tersebut akan dilakukan oleh Menteri ESDM, Jero Wacik.

''Insya Allah, Bapak Menteri Jero Wacik yang akan meresmikan PLTU milik PT Bosowa Energy, Rabu nanti,'' ujar Erwin kepada Republika, Senin (17/12).

Selain Menteri ESDM, peresmian PLTU  Jeneponto juga akan dihadiri oleh Duta Besar Cina untuk Indonesia, Liu Jianchao.

PT Bosowa Energy merupakan anak usaha Bosowa dan PT SSP (Sumberenergi Sakti Prima) yang mengoperasionalkan PLTU Jeneponto. PLTU Jeneponto tahap pertama ini dibangun dengan nilai investasi sekitar 250 juta dolar AS. Erwin mengatakan, pembangunan PLTU tersebut,  masuk ke sistem jaringan distribusi PLN lebih cepat enam bulan dari target yang direncanakan  30 bulan.

''Setelah menjalani firing dan steam blowing atau uji coba mesin beberapa kali, PLTU ini telah dinyatakan beroperasi secara penuh dan berfungsi dengan baik,'' ujarnya.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement