Ahad 16 Dec 2012 23:00 WIB

Indonesia Perlu Bimbing Malaysia Hargai Negara Tetangga

Tan Sri Zainuddin Maidin
Foto: freemalaysiatoday.com
Tan Sri Zainuddin Maidin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Kajian Politik Center for Indonesian National Policy Studies (CINAPS) Jakarta, Guspiabri Sumowigeno, mengatakan Malaysia perlu dibimbing untuk menjadi tetangga yang baik.

"Selama ini pada tingkat Pemerintahan atau Parlemen Indonesia tidak ada proses formal membicarakan adanya hal yang salah dalam sistem politik Malaysia," kata Guspi di Jakarta, Ahad (16/12).

Menurut dia Indonesia juga tak pernah mengeluarkan komentar terbuka yang mengkritik atau mengingatkan Malaysia agar memperbaiki sesuatu. Pak Habibie yang bersahabat dekat dengan Anwar Ibrahim juga tak pernah menjelaskan secara luas mengapa ia ingin mendorong perubahan politik di Malaysia.

Ia mengatakan kontroversi penghinaan atas mantan presiden BJ Habibie oleh Zainuddin mantan pejabat Malaysia dan politisi UMNO terus berlanjut. Menyusul meluasnya protes dan desakan berbagai pihak di Indonesia agar ia meminta maaf, Zainuddin menolak untuk meminta maaf.

Zainuddin juga menuduh Habibie telah melakukan intervensi politik yang dapat membahayakan stabilitas Malaysia. Ia juga menjelaskan bahwa tulisan berjudul 'Persamaan BJ Habibie dengan Anwar Ibrahim' yang dimuat di Utusan Malaysia itu adalah pendapat pribadi dan tidak mewakili UMNO.

Dikatakannya sistem politik komando yang dijalankan Malaysia, dan penempatan tulisan di rubrik Editorial koran Utusan Malaysia, sulit untuk tidak menyimpulkan bahwa tulisan itu sesungguhnya adalah suara elite politik Malaysia.

Pendapat Zainuddin, katanya, adalah ekspresi jujur mengenai keresahan elite politik Malaysia atas intervensi asing terhadap sistem politik Malaysia yang masih terus didominasi oleh UMNO. Intervensi asing itu menambah energi para penentang UMNO untuk menumbangkannya dari kekuasaan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement