Ahad 16 Dec 2012 05:52 WIB

Museolog: Citra Kuno pada Museum Harus Diubah

Museum Fatahillah Jakarta.
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Museum Fatahillah Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Museolog Universitas Indonesia, Kresno Yulianto, mengatakan citra museum yang selama ini hanya dipandang sebagai tempat menyimpan barang-barang kuno perlu diubah. Hal tersebut agar museum kian menarik.

"Sekarang ini, berbagai upaya untuk mendekatkan museum ke masyarakat terus dilakukan. Salah satunya melalui Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) sejak 2010," kata Kresno.

Seiring dengan berbagai langkah untuk menarik kunjungan masyarakat ke museum, kata dia, museum juga harus siap dikunjungi. Jangan sampai masyarakat datang, tapi museumnya ternyata tidak siap.

"Ada banyak aspek yang perlu disiapkan mulai fisik, manajemen, program, jaringan, hingga pencitraan,'' katanya. ''Salah satunya melalui pemilihan duta museum ini untuk mengubah citra museum yang semula kuno."

Para duta museum ini, kata Kresno, harus bisa mengedukasi masyarakat agar mengapresiasi dan mengunjungi museum. Bukan lagi dengan paradigma kuno tentang museum, tetapi paradigma baru yang lebih menarik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement