Rabu 12 Dec 2012 21:02 WIB

Menakertrans Apresiasi Jurnalis Soal Transmigrasi

Muhaimin Iskandar
Foto: Republika
Muhaimin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengapresiasi jurnalis pemenang lomba Hari Bhakti Transmigrasi ke-62 yang jatuh pada 12 Desember.

Menurut Cak Imin, panggilannya, jurnalis telah ikut serta mensukseskan program transmigasi yang bertujuan untuk menciptakan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

"Saya bangga dengan jurnalis yang ikut mendorong kesuksesan program transmigasi dan saya ucapkan selamat kepada pemenang karya tulis untuk.memperingati Hari Bhakti Transmigasi 2012," katanya dalam penyerahan hadiah di kantor Kemenakertrans, Kalibata. Dalam acara itu, wartawan Republika Online, Erik Purnama Putra menjadi pemenang Harapan 1.

Muhamin melanjutkan, sudah menjadi ingatan bagi seluruh insan transmigrasi bahwa pada 12 Desember adalah hari bersejarah bagi penyelenggaraan transmigrasi di Indonesia. Tanggal 12 Desember 1950 adalah hari pertama Pemerintah Republik Indonesia memfasilitasi perpindahan penduduk secara terencana. Caranya dengan memberangkatkan 23 kepala keluarga (77 jiwa) penduduk Provinsi Jawa Tengah menuju Gedong Tataan sebelah Utara Kota Tanjung Karang, Karesidenan Lampung.

"Untuk mengenang peristiwa tersebut, maka tanggal 12 Desember dijadikan sebagai Hari Bhakti Transmigrasi kita peringati dalam bentuk upacara bendera setiap tahun," ujar ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Ia menjelaskan, program transmigrasi di Indonesia telah berlangsung selama 62 tahun. Sebuah perjalanan panjang yang telah terbukti mampu memberikan kontribusi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Negeri kepulauan dengan adat istiadat dan budaya yang heterogen, kata Cak Imin, memerlukan alat pemersatu sebagai perwujudan dari salah satu pilar berbangsa dan bernegara.

"Dalam kerangka NKRI inilah peran dan kontribusi transmigrasi merupakan suatu keniscayaan, yang terkristalisasi pada tujuan transmigrasi."

Kontribusi tersebut, menurut Cak Imin, antara lain terbentuknya pusat-pusat pemerintahan baru, berupa 382 kecamatan dan 103 kabupaten/kota, yang berasal dari kawasan permukiman transmigrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement