Selasa 11 Dec 2012 19:16 WIB

Mahasiswa Garut Tolak Kepemimpinan Aceng

Bupati Garut Aceng HM Fikri
Foto: Antara
Bupati Garut Aceng HM Fikri

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Puluhan mahasiswa Garut melakukan aksi di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Selasa, menolak kepemimpinan Bupati Aceng HM Fikri.

Aksi mahasiswa tergabung dalam Presidium Mahasiswa Garut itu membawa keranda yang dibuat dari bambu dan menaburkan bunga sebagai tanda telah matinya moral para pemimpin di Garut.

"Aksi ini sebagai keprihatinan kami kepada pemimpin di Garut yang sudah tidak memiliki moral dan peduli terhadap rakyat," kata koordinator aksi, Zamzam Hamzah.

Dalam orasinya mahasiswa mengaku kecewa terhadap Bupati Garut, Aceng HM Fikri.

Mahasiswa mengungkapkan kekecewaan perbuatan Bupati Garut yakni sikap memilih masuk salah satu partai politik sehingga mengecewakan masyarakat independen yang mendukungnya.

Selanjutnya kepemimpinan Bupati Garut yang tidak bisa menjaga sinergitas dengan wakil Bupati Garut, Dicky Chandra hingga akhirnya mengundurkan diri dari jabatan wakilnya.

Kemudian tuduhan Bupati Garut yang telah melanggar etika karena melakukan pernikahan kilat dan pemalsuan dokomen pernikahan sehingga tidak mencerminkan sikap yang baik sebagai pemimpin.

"Kasus pernikahan kilat Bupati Garut, kami menilai ini bukan hanya permasalahan moral saja, akan tetapi juga sebagai tindakan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan," kata Zamzam.

Berbagai persoalan yang dituduhkan kepada Bupati Garut itu, mahasiswa mendesak Panitia Khusus (Pansus) DPRD Garut dalam proses pemeriksaan Bupati dilakukan secara profesional dan transparan.

Mahasiswa juga menuntut aparat penegak hukum mampu menuntutaskan kasus politik uang dan kasus suap pemilihan Wakil Bupati Garut.

"Kami menuntut agar Aceng diberhentikan, ini sudah menjadi harga mati sebagai jawaban atas kegagalan Bupati Garut secara akumulatif," katanya.

Dalam aksi tersebut berlangsung tertib dan diterima oleh anggota Pansus DPRD untuk melakukan audiensi terkait penyelesaian pelanggaran etika yang dilakukan Bupati Garut.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement