Senin 10 Dec 2012 22:09 WIB

Lantik Bupati, Gubernur Lampung Absen Acara SBY

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dewi Mardiani
Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP
Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP, tidak hadir pada seremonial penyerahan daftar isian pelaksana anggaran (DIPA) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia tak hadir, karena atas nama Mendagri melantik Bupati/Wakil Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri/Makmur Azhari, di Liwa, Senin (10/12).

"Saya tidak hadir, karena melantik bupati atas nama Mendagri," kata Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP, Senin (10/12).

Menurut dia, acara pelantikan bupati dan wakil bupati Lampung Barat, sudah dijadwalkan sebelumnya dan harus dilakukan gubernur atas nama Mendagri, berdasarkan aturan.

Pelantikan bupati, ungkap dia, tidak dapat diwakilkan wakil gubernur. Untuk itu, pada acara penyerangan DIPA tahun 2013 di Istana Negara, ia mewakilkan wakil gubernur untuk menerima DIPA dari presiden.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terlihat marah atas ketidakhadiran empat kepala daerah ketika acara penyerahan DIPA tahun anggaran 2013 di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/12) sore.

Dalam acara itu, Presiden menyerahkan DIPA kepada seluruh kepala daerah. Awalnya, penyerahan DIPA berjalan lancar. Namun, raut wajah Presiden berubah marah ketika menyerahkan DIPA untuk empat provinsi, yakni Sumatra Selatan, Sulawesi Selatan, Lampung, dan Kepulauan Riau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement