Senin 10 Dec 2012 08:59 WIB

Biografi Pelukis Raden Saleh bakal Dirilis

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Dewi Mardiani
Salah satu lukisan Raden Saleh
Salah satu lukisan Raden Saleh

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Buku biografi pelukis Raden Saleh (1809-1880) akan diluncurkan oleh Langgeng Art Foundation dan Goethe Institut, di Langgeng Art Foundation Yogyakarta, Rabu malam (12/12).

Peluncuran buku setebal 400 halaman tersebut akan dibuka langsung oleh kurator dan sekaligus penulis buku tersebut, Werner Krauss, kata juru bicara Langgeng Art Foundation Ignatia Nilu.

Buku biografi tersebut menyajikan intisari riset dan studi Warner Krauss selama bertahun-tahun antara lain sajian esai mengenai kehidupan spektakuler Raden Saleh sebagai pelukis, ilmuwan, pembaharu seni dan pendidikan, kolektor dan pelestari, serta dokumentasi. Di samping itu, juga berbagai ilustrasi, foto, dan potret Raden Saleh.

Dalam peluncuran buku akan diisi dengan pembacaan essai dari nominator perlombaan penulisan Raden Saleh Essai Competition. 

Direncanakan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X akan hadir dalam peluncuran tersebut. Peluncuran buku Biografi Raden Saleh ini merupakan rangkaian dari pameran Raden Saleh di Galeri Nasional Jakarta, Juni lalu.

Sehari sebelum peluncuran buku, yakni Selasa  (11/12) akan dilakukan penyerahan hadiah untuk Lomba Esai Raden Saleh yang diselenggarakan oleh Goethe-Institut bersama Badan Kerjasama Kesenian Indonesia, Tempo Institute, dan Historia Magazine.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement